Sabtu, 14 Oktober 2017

Destinasi Wisata Halal Indonesia Naik Peringkat

Tags

Destinasi Wisata Halal Indonesia Naik Peringkat-Tujuan wisata halal di Indonesia semakin memperoleh tempat di kelompok negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) maupun non-OKI. Berdasar pada MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017, tujuan wisata halal atau seringkali dimaksud family friendly di Indonesia memanglah makin menjanjikan. Tempat Indonesia jadi penyedia tujuan wisata halal bahkan juga menanjak diantara 130 negara yang disurvei.

Destinasi Wisata Halal Dunia


Mengacu GMTI yang dilaunching Rabu (3/5/2017), Indonesia ada di posisi ke-3 dengan nilai 72, 6. Tempat Indonesia ada dibawah Malaysia serta Uni Emirat Arab (UAE). Malaysia ada di tempat tertinggi dengan score 82, 5, sedang UAE di posisi ke-2 dengan nilai 76, 9. Walau sebenarnya, tempat Indonesia pada GMTI 2017 di posisi ke-4 sesudah Malaysia, UAE, serta Turki. Score Indonesia pada GMTI 2016 yaitu 70, 6. Pada GMTI 2016, score Malaysia yaitu 81, 9. Setelah itu ada UAE dengan 74, 7. Sedang score Turki yaitu 73, 9. Tetapi Turki malah turun ke posisi ke-4 pada GMTI 2017 dengan score 72, 4.

CEO CrescentRating & HalalTrip Fazal Bahardeen mengungkap, riset tunjukkan pasar wisata muslim di Asia akan tumbuh cepat. Nilainya bahkan juga diprediksikan menjangkau USD 220 miliar pada 2020. Menurut dia, pasar itu selalu tumbuh. Bahkan juga pada 2026 diproyeksikan menjangkau USD 300 miliar. Indonesia sudah menanamkan investasi yang besar pada bidang ini serta hal itu tercermin pada penambahan yang diraih Indonesia dalam posisi keseluruhannya sepanjang dua tahun berturut-turut.

Mengacu GMTI 2017, penambahan posisi Indonesia dikarenakan oleh traveler muda yang inginkan pilihan semakin banyak, pengalaman yang unik, dan konektivitas. Nyatanya, pola hidup muslim dalam soal fashion tersambung prima dengan pasar wisata itu. Ada dampak dari generasi golongan wisatawan muda, millenials, serta Gen Z yang memadukan tehnologi dengan kemauan yang riil untuk menelusuri dunia sembari tetaplah memperhatikan beberapa keperluan yang sesuai dengan keyakinan mereka.

Di beda bagian, Safdar Khan sebagai Division President of Indonesia, Malaysia, and Brunei Mastercard menyebutkan, pasar wisata muslim tetaplah jadi satu pendorong yang kuat untuk perkembangan berkepanjangan pada bidang wisata di semua dunia. Dalam hitungannya, pengeluaran wisatawan pemburu wisata halal pada 2016 menjangkau USD 155 miliar.

Safdar menghindaran, tehnologi juga semakin tingkatkan jumlah wisatawan pencari wisata halal. “Mulai fase rencana sampai fase pengalaman dan fase sharing (berbagi). perubahan tujuan wisata halal di Indonesia yang paling tampak berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pertumbuhannya angka pencari wisatawan halal di Lombok pada 2016 tumbuh 50% di banding 2015.

Indonesia pada 2015 menyabet tiga penghargaan pada World Halal Tourism Award 2013 di Abu Dhabi. Tetapi pada arena sama 2016, Indonesia berhasil menyabet 12 dari 16 penghargaan.

Diantara 12 penghargaan itu, tiga salah satunya punya Lombok. Ketiganya untuk kelompok World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Tourism Website, dan World’s Best Halal Honeymoon Destination. “NTB juga miliki ayam taliwang untuk kuliner halal Destinasi Wisata Halal Indonesia Naik Peringkat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon